Senin, 20 Mei 2019

INFO





TIPS SEHAT DI BULAN RAMADHAN

Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah yang dinantikan umat Islam. Untuk dapat tetap semangat dan fokus dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan, tentunya kita harus selalu menjaga kondisi fisik dan kesehatan tubuh kita. Berikut tips agar tetap sehat saat menjalani ibadah puasa :

1.        Hindari makan terlalu berat pada waktu sahur
Agar kuat sepanjang hari dalam menghadapi puasa terkadang kita berpikir untuk memakan hidangan yang terlalu berat. Contoh hidangannya seperti makanan berlemak dan bersantan, padahal anggapan tersebut justru dapat menyebabkan kita begah pada saat pagi hari. Seharusnya kita makan untuk sahur dengan sewajarnya, yaitu makan dengan lauk sayur atau ikan juga dengan porsi yang secukupnya.

2.        Perbanyak makanan berserat
Saat sahur, makanlah makanan berserat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Jenis makanan ini sangat bagus untuk pencernaan kita sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk dibagian pencernaan. Selain itu makanan berserat mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama.

3.        Tetap berolahraga ringan
Menjaga kebugaran saat puasa adalah hal yang penting ketika puasa. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, atau bersepeda santai. Baiknya hal itu dilakukan setelah berbuka puasa karena nanti jika terlalu serius berolahraga malah dapat membatalkan puasa. Dengan berolahraga ringan ini akan bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah.

4.        Jangan makan berlebih pada saat buka puasa
Banyaknya lauk dan beragamnya sayur kadang membuat kita makan berlebih. Dengan perut yang kosong selama puasa dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Kembali lagi kepada kesehatan, hal ini bisa mengakibatkan sakit perut dan efek makan terlalu kenyang akan membuat kita mengantuk. Sehingga aktifitas sehabis buka puasa jadi terganggu sepeti shalat tarawih dan lain lain, jadi sebisa mungkin makanlah dengan secukupnya.

5.        Hindari tidur setelah makan sahur
Kebanyakan orang sering tidur setelah makan sahur, dikarenakan makan sahur yang dilakukan pada saat tengah malam. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya gula darah dalam tubuh, karena makanan yang dikonsumsi saat sahur belum tercerna dengan sempurna.

6.        Tidur cukup
Usahakan tidur cukup agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Tidur juga tidak boleh terlalu berlebihan, karena akan menyebabkan kondisi tubuh semakin lemas. Usahakan tidur di siang hari kurang lebih 1 jam dan hindari tidur malam yang terlalu larut.

7.        Hindari minum air dingin atau es
Meminum air dingin atau air es saat berbuka puasa dapat menyebabkan perut kembung.


8.        Banyak minum air putih
Meskipun dalam kondisi berpuasa, kita tetap harus memperhatikan ketercukupan air di dalam tubuh kita yaitu 8 gelas sehari, dapat diatur dengan cara :
-          1 gelas setelah bangun sahur
-          1 gelas setelah sahur
-          1 gelas saat berbuka
-          1 gelas setelah shalat maghrib
-          1 gelas setelah shalat isya’
-          1 gelas setelah shalat tarawih
-          1 gelas setelah makan malam
-          1 gelas sebelum tidur

9.        Mengkonsumsi makanan bergizi
Perbanyak makanan yang mengandung lima unsur gizi lengkap, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral agar tubuh tetap sehat dan bugar.

10.   Kurangi minum kopi dan minuman bersoda
Dianjurkan untuk menghindari minum kopi karena membuat kita sulit tidur dan minuman soda juga dapat menimbun banyak lemak dalam tubuh.


Takjil maknyuss di bulan puasa khas Lumajang.

Dicoba yuk guys . . . . .


3 Keistimewaan Es Degan Tawon yang Membuat Pelangan Semakin Datang



Petulo Kacang Ijo Angsle Nikmat dan Lezat Cita Rasa Lumajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIT KE-6 TP2G

32 Jam PIT ke-6 TP2G Hari ini, Jumat tanggal 24 Mei 2019 merupakan hari terakhir ON tugas PIT ke-6 TP2G. Peserta menyiapkan tugas final ...

ARTIKEL