Minggu, 19 Mei 2019

KELAS KU


KELAS KU YANG UNIK DAN BUTUH TIPS AND TRIK

Kelas VIIA di Loemadjang Djadoel


Kelas VIIA di UPT SMP Negeri 2 Padang merupakan kelas yang menjadi tanggungjawabku selaku wali kelas. Tidak begitu banyak peserta didik di kelas ini, hanya ada 28 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 14 putri. Sedikit peserta didik di kelas VIIA tidak membuat tanggungjawabku mudah. Kata “Unik” kurasa cocok untuk kelas kecilku ini. Peserta didik yang berlatar belakang anak-anak broken home menjadikan kelasku butuh pemikiran yang HOTS (High Order Thinking Skill).


Permasalahan di kelas VIIA yang menjadi tantanganku diantaranya adalah peserta didik yang malas dalam belajar. Berbeda memang dengan peserta didik di sekolah-sekolah unggulan kota yang saling bersaing dalam menuntut ilmu, malu jika melakukan pelanggaran dan malu jika mendapat nilai jelek. Peserta didik di kelasku bertolak 180o dengan mereka. Malas? Itu adalah hal yang sering terjadi dan merupakan tanggungjawabku untuk merubahnya. Malas berangkat sekolah, malas mengerjakan tugas, malas membawa buku itulah karakter buruk di kelasku. Berdasarkan pengamatanku selaku wali kelas hal ini dikarenakan kurangnya perhatian wali murid akan pentingnya pendidikan bagi putra putrinya.

Ada beberapa wali murid yang terkadang membiarkan putra putrinya meskipun membolos sekolah. Berbanding terbalik denganku sebagai wali kelas, setiap hari ku mengharapkan dan merindukan peserta didik di kelas VIIA hadir 100% dengan absensi nihil. Tak jarang ku pacu motor untuk menjemput peserta didik yang malas berangkat sekolah alias bolos. Medan yang terjal dan tak beraspal menambah perjuangan seorang guru yang menginginkan peserta didiknya menjadi generasi muda unggul.

Kecewa kadang kudapatkan, ketika bertemu dengan wali murid di rumahnya, mereka ternyata membiarkan putra putrinya malas pergi ke sekolah, bahkan ada juga yang mendukung ketika putra putrinya mengatakan jika ingin berhenti sekolah. Itulah yang membuat hati seorang guru merasa tidak berhasil dalam mendidik dan mencerdaskan generasi muda yang merupakan penerus perjuangan dan harapan bangsa di masa mendatang.

Saat ini tips dan trik yang dapat saya lakukan sebagai wali kelas hanyalah bisa berupa nasihat, doa dan teguran yang terkadang tidak dihiraukan dan tetap diulangi lagi. Sehingga kita sebagai seorang pendidik memang dituntut untuk senantiasa selalu sabar dan tetap bersemangat dalam kondisi apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIT KE-6 TP2G

32 Jam PIT ke-6 TP2G Hari ini, Jumat tanggal 24 Mei 2019 merupakan hari terakhir ON tugas PIT ke-6 TP2G. Peserta menyiapkan tugas final ...

ARTIKEL