Jumat, 17 Mei 2019

PIT KE-6 TP2G


32 Jam PIT ke-6 TP2G

Hari ini, Jumat tanggal 24 Mei 2019 merupakan hari terakhir ON tugas PIT ke-6 TP2G. Peserta menyiapkan tugas final yang harus dikumpulkan dan tentu saja mempelajari kembali materi yang yang telah diterima selama pelatihan untuk persiapan post test. Kegiatan PIT ke-6 TP2G ini sangatlah bermanfaat dan dapat mendorong guru untuk meningkatkan inovasi dalam bidang pendidikan. Pesan dan kesan yang dirasakan selama pelatihan dilaksanakan begitu banyak dan menjadikan semangat baru bagi guru peserta ke depannya.

MENGGALI ILMU DI BULAN PENUH BERKAH


Pembukaan PIT ke-6 TP2G

Profesionalitas guru dalam membimbing dan mendidik generasi muda di era modernisasi saat ini sangatlah dikedepankan. Guru harus mampu menghadapi perubahan teknologi yang begitu cepat. Salah satu hambatan yang dihadapi guru dalam mendidik peserta didik adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan guru tentang pengembangan profesionalitas tersebut, TP2G PGRI Kabupaten Lumajang mengadakan Pelatihan IT gelombang ke-6 yang dilaksanakan secara IN – ON – IN  mulai tanggal 18 Mei 2019 hingga 25 Mei 2019 yang bertempat di SMK PGRI Lumajang. Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 peserta dari jenjang pendidikan yang beragam.

Meskipun pelatihan tersebut dilaksanakan di Bulan Ramadhan, tak mengurangi sedikitpun semangat para peserta, hal ini dikarenakan ilmu yang disampaikan oleh para instruktur begitu menarik dan merupakan ilmu baru bagi para peserta yang notabene masih awan dengan perangkat komputer terutama aplikasi-aplikasi internet.

Pelatihan PITke-6 dibuka oleh  Bapak H. Winadi, M.Pd. selaku Ketua PGRI Kabupaten Lumajang, beliau menghendaki agar pelatihan tersebut dapat meningkatkan profesionalitas guru untuk dapat lebih inovatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.
Materi yang disampaikan di hari pertama adalah tentang cara membuat web blog dan kelebihan-kelebihan yang diperoleh jika kita membangun web yang berkualitas. Materi tersebut sangatlah menarik, sehingga waktu satu hari di bulan puasa terlewati dengan begitu cepat dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Para instruktur profesional di bidangnya, Bapak Umar Thalib dan Bapak Muhammad Subakri juga menjadi penyemangat para peserta pelatihan.

Pelatihan hari kesatu tidak berakhir begitu saja, para peserta didik dituntut untuk membuat produk dalam bentuk web blog yang dikerjakan pada saat ON di rumah masing-masing. Tugas tersebut dirasa tidak memberatkan karena dengan mengerjakan tugas tersebut maka secara tidak langsung peserta pelatihan memiliki web blog yang siap beredar di dunia maya.
Di akhir pelatihan, peserta didik diberikan pretest tentang materi-materi yang disampaikan. Sore hari pelatihan ditutup pukul 14.30 WIB dengan membawa pulang ilmu yang begitu bermanfaat dan semangat untuk kemajuan profesionalitas guru ke depannya. Terimakasih kami sampaikan kepada Pengurus PGRI Kabupaten Lumajang, Panitia dan Instruktur kegiatan PIT ke-6 TP2G.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIT KE-6 TP2G

32 Jam PIT ke-6 TP2G Hari ini, Jumat tanggal 24 Mei 2019 merupakan hari terakhir ON tugas PIT ke-6 TP2G. Peserta menyiapkan tugas final ...

ARTIKEL