Minggu, 19 Mei 2019

GURU


REVOLUSI GURU DALAM TUNTUTAN MODERNISASI PENDIDIKAN



Modernisasi merupakan suatu perubahan tata sosial budaya dalam masyarakat yang tak dapat dihindari. Begitu pula di dunia pendidikan yang saat ini juga menuntut perubahan tata cara dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta didik yang merupakan generasi modern dan lingkungan yang berkembang secara dinamis, menuntut guru untuk menyesuaikan diri dalam keadaan yang kian berkembang dan modern saat ini.

Inovasi guru dalam kegiatan belajar mengajar menjadi penentu keberhasilan dan ketercapaian materi yang disampaikan kepada peserta didik. Saat ini sudah tidaklah sesuai jika guru dalam mengajar menggunakan cara-cara konvensional yang notabene menjadikan peserta didik kurang aktif dan hanya bergantung pada penjelasan guru. Sedangkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh peserta didik sangatlah memadai untuk mendapatkan materi yang lebih luas.

Salah satunya adalah penggunaan handphone dalam pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri saat ini handphone merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan. Begitu banyak ketergantungan pada handphone yang memiliki beragam fasilitas yang bermanfaat untuk efektifitas dan efesiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Guru dapat memanfaatkan perangkat handphone tersebut dalam pembelajaran, diantaranya untuk mencari literasi dan dapat digunakan untuk men-share soal-soal dan merekap nilai peserta didik. Tentu saja hal ini mempermudah pekerjaan guru dan tentu saja sudah menjadikan guru selangkah lebih maju dalam mengembangkan profesionalitas dan inovasi dalam pembelajaran. Bagi peserta didik penggunaan handphone dalam pembelajaran juga akan membawa dampak positif. Peserta didik tidak akan merasa bosan dalam menerima materi dan mereka dapat mengembangkan wawasannya sendiri melalui dunia maya sebagai perpustakan dunia yang begitu luas.

Untuk mengatasi modernisasi saat ini guru harus senantiasa belajar melakukan pengembangan diri dan keprofesionalan yang berkelanjutan. Guru tidak boleh menutup diri dari perkembangan teknologi yang akan terus berkembang. Guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan peserta didik. Guru tidak boleh jadul karena objek yang dihadapi adalah manusia-manusia modern yang akan terus berkembang dan haus akan kemajuan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIT KE-6 TP2G

32 Jam PIT ke-6 TP2G Hari ini, Jumat tanggal 24 Mei 2019 merupakan hari terakhir ON tugas PIT ke-6 TP2G. Peserta menyiapkan tugas final ...

ARTIKEL